BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 12 Agustus 2011

Hardware, Software dan Brainware untuk akses internet

PSPB (Pelangi Saya Pelangi Bumi)
Nama : M.Prasetyo Adi Utomo
Kelas : IX IPA 2
No absen : 21

KD : Hardware, Software dan Brainware untuk akses internet

Soal.
1. Sebutkan jenis Hardware selengkap mungkin/sebanyak mungkin yang dipakai untuk akses internet
a. Fungsinya?
b. Marknya?
c. Perusahaannya/pabriknya/penciptanya?
d. Tahun pembuatannya?
e. Alamatnya?
2. Sebutkan jenis Software selengkap mungkin/sebanyak mungkin yang dipakai untuk akses internet
a. Fungsinya?
b. Marknya?
c. Perusahaannya/pabriknya/penciptanya?
d. Tahun pembuatannya?
e. Alamatnya?
3. sebutkan dan jelaskan sebanyak mungkin pihak yang terlibat didalam dunia internet baik dari golongan baik maupun dari golongan jahat!


JAWAB:
1. PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET
1. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
http://bp1.blogger.com/_NkyvzSfhBE0/R3oiCy0eGCI/AAAAAAAAADY/6phV_g7_PuM/s200/Modem.gifModem terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Modem
http://id.wikipedia.org/wiki/Modem

2. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melaluhttp://bp3.blogger.com/_Jwqxdu3CqI0/R3tIyI5qBwI/AAAAAAAAAAc/RDxAm4udOjc/s320/Dlink_router.jpgi sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
*dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Router

3. Kartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
Sumber: http://www.total.or.id/info.php?kk=Sound%20card

4.LAN Card
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_jaringan

5. Kabel UPT
Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kabel_UTP

6. Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Worlhttp://bp1.blogger.com/_Jwqxdu3CqI0/R3tLdo5qByI/AAAAAAAAAAs/ybHgI2k6LgA/s320/webcam2.jpgd Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).

7. Bridge Jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
Bridge Jaringan
Sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bridge_jaringan

8. HUB
Adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI. Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa terkoneksi dapat berjalan dengan baik.
Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.
Sumber: http://google.co.id

2. SOFTWARE UNTUK MENGAKSES INTERNET

Software Mengakses Internet
Penggunaan browser sekarang ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi para pengguna internet. Dahulu,sebelum browser-browser seperti opera atau mozilla muncul,internet explorer menjadi sebuah browser yang berperan penting dalam mengakses info-info baru dari internet. Namun setelah munculnya Opera,Mozilla,dan terakhir Google Chrome peran internet explorer menjadi berkurang. Hal ini karena browser yang muncul belakangan ini memiliki kelebihan di bandingkan internet explorer.

1. Internet Explorer (IE)
Browser ini memiliki banyak pemakai karena sudah memiliki brand image yang sangat terkenal. Internet Explorer ini merupakan produk Microsoft Corporation. Biasanya secara default disertakan bersamaan dengan Operating System (OS) Microsoft yang dibeli. Dengan demikian semakin banyak yang memakai Microsoft Windows,pemakai internet Explorer juga akan semakin banyak. Interenet Explorer memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas dan jarang ada keluhan berupa error dan lainnya. Kekurangannya mungkin agak lambat dalam download file dari internet,baik untuk browsing,surfing,download,maupun upload. Untuk yang sangat mengandalkan kestabilan,browser ini bisa dijadikan pilihan Utama.

2. Mozilla Firefox
Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki kecepatan yang sangat tinggi,baik,untuk download maupun upload file. Kemudahan dalam hal penggunaan,juga menjadi pilihan banyak orang. Keunggulan Yang tidak dimiliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama. Hal ini lebih memudahkan untuk mengakses ke banyak situs dalam satu tampilan tanpa harus berpindah-pindah windows/ jendela sehingga lebih menghemat memori komputer selama megakses internet. Moziila Firefox meiliki supported yang sangat tinggi dan keamanan yang cukup terjamin. Produk ini semakin menggeser keberadaan IE sebagai browser pengguna terbesar.

3. Opera
Browser ini menjadi saingan Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. Keunggulan sama seperti Mozilla Firefox,dapat membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses internet lumayan tinggi.

4. Google Chrome
Google mengumumkan keberadaan Google Chrome pada 1 September 2008. Pengumuman ini dibuat dengan menerbitkan buku komik buatan Scott McCloud.
Dalam pesan lanjutannya di Blog resmi Google,mereka mengatakan bahwa versi beta Chrome akan dirilis lebih dari 100 negara pada 2 September 2008. Google mengatakan bahwa Chrome itu lebih cepat,lebih stabil, dan lebih aman dibanding pesaing-pesaingya.
Google Chrome dikabarkan mengambil fitur tab seperti browser yang lain. Tabs itu terletak di bagian atas jendela,bukan di dalam jendela. Setiap tab mempunyai memori dan proses sendiri. Untuk mengatur tab dan proses, Chrome akan mempunyai Task Manager,sama seperti sistem operasi.
Sumber : www.indonesiaindonesia.com/f/43250-software-digunakan/

3. BRAINWARE/PIHAK YANG TERLIBAT DALAM DUNIA INTERNET:
* Golongan Jahat:
a. Pintu belakang (Backdoor)
b. Pemutar-nomor (Dialer)
c. Exploit
d. Perekam ketikan (Keylogger)
e. Kit-akar (Rootkit)
f. Perangkat pengintai
g. Kuda Troya
h. Virus komputer
i. Cacing komputer
j. Wabbit
*Golongan Baik:
White heacker

Selasa, 02 Agustus 2011

Materi TIK SMA Kelas XI Semester 1

1. Menggunakan Internet untuk keperluan informasi dan komunikasi.

* Menjelaskan berbagai hardware & fungsinya untuk keperluan akses internet.
* Menggunakan browser untuk memperoleh, menyimpan dan mencetak informasi
* 1. Mendeskripsikan cara akses internet.
* 2. Mempraktekkan cara akses internet.
* 3. Menggunakan E-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi.

JAWAB:
1. 4 CARA MENGAKSES INTERNET
Ada banyak pilihan dalam berbagi akses internet, tapi dalam artikel ini akan dibahas 4 cara saja:

a. Menggunakan hubungan "peer to peer"
b. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem
c. Menggunakan active hub
d. Menggunakan wireless router

a. Menggunakan hubungan "peer to peer"

Hubungan "peer to peer" adalah hubungan antar 2 komputer lewat suatu media tertentu. Pilihan media tersebut dan kebutuhan peralatan sesuai pilihan media adalah:

* Ethernet (dengan koneksi RJ-45)
1). Ethernet port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2). Kabel ethernet yang dicross; Bisa dipesan di toko komputer yang menyediakan peralatan networking; Kabel ini berbeda dalam penyambungan jalurnya dibandingkan kabel network biasa.
* Firewire
1). Firewire port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2). Kabel firewire dengan ujung konektor yang sesuai dengan port firewire pada kedua komputer; Konektor firewire memang mempunyai dua tipe yaitu yang kecil dan yang besar; Yang besar biasanya terdapat pada komputer dekstop dan yang kecil pada komputer notebook.

Pilih salah satu koneksi tersebut dan konfigurasikan TCP/IP dari koneksi tersebut (ethernet atau firewire) pada komputer yang terhubung langsung ke internet (kita sebut saja komputer server) sehingga IP komputer tersebut adalah 192.168.1.1

Kemudian konfigurasikan TCP/IP dari komputer client (komputer yang akan dihubungkan ke komputer server) sehingga IP komputer tersebut menjadi 192.168.1.x di mana x adalah nilai pilihan anda sendiri antara 2-254; Subnet mask 255.255.255.0; Gateway 192.168.1.1

b. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem

Dalam hal ini, kita memanfaatkan fasilitas dari modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai fasilitas koneksi USB dan ethernet. Dengan demikian, anda akan memerlukan:

1). Modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai port ethernet dan USB
2). Kabel ethernet atau RJ-45 (biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
3). Kabel USB (juga biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
4). Satu komputer yang mempunyai port ethernet
5). Satu komputer yang mempunyai USB port

Hubungkan komputer pertama ke modem dengan ethernet, lalu konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai dengan informasi dari si penyedia layanan internet (ISP) tersebut.

Install USB driver dari modem tersebut ke komputer kedua, lalu hubungkan komputer tersebut ke modem lewat USB. Kemudian konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai informasi dari ISP yang dipakai.

Biasanya digunakan automatic IP dan DNS

c. Menggunakan active hub

Anda perlu menyediakan:

1). Modem yang mempunyai koneksi ethernet
2). Active hub atau switch ethernet
3). Kabel network/ethernet untuk menghubungkan active hub ke modem
4). Komputer-komputer yang mempunyai port ethernet
5). Kabel network/ethernet sesuai dengan jumlah komputer yang dipakai

Hubungkan active hub ke modem, kemudian hubungkan semua komputer yang active hub tersebut.

Konfigurasikan semua komputer sehingga menggunakan automatic IP dan DNS, kecuali kalau ada informasi tertentu dari ISP

d. Menggunakan wireless router

Kalau anda membutuhkan koneksi wireless, maka pilihan ini memang anda perlukan. Anda punya dua pilihan:

1). Modem yang mempunyai kapabilitas wireless router
2). Wireless router yang akan dihubungkan ke modem.